SOP Rekognisi Pembelajaran Online
Juli 25, 2025 2025-07-28 8:14SOP Rekognisi Pembelajaran Online
SOP Rekognisi Pembelajaran Online Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB
Optimalisasi Platform icecenter.itb.ac.id, Kanal YouTube, & Media Sosial Direktorat
-
1. Tujuan
-
2. Ruang Lingkup
-
3. Definisi
-
4. Peran Platform Digital
-
5. Prosedur Rekognisi Pembelajaran Online
-
6. Tabel Rangkuman Proses Rekognisi
-
7. Catatan
-
8. Penutup
1. Tujuan
Menetapkan pedoman dan alur pelaksanaan rekognisi pembelajaran online yang berbasis materi ajar di lingkungan Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB, dengan optimalisasi platform icecenter.itb.ac.id, kanal YouTube, serta media sosial resmi Direktorat.
2. Ruang Lingkup
- Materi ajar, pelatihan, dan modul pembelajaran digital/daring yang berada di bawah Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB.
- Platform utama: icecenter.itb.ac.id (ICE Center ITB), YouTube Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB, serta kanal media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, dan lainnya yang dikelola Direktorat.
3. Definisi
- Rekognisi Pembelajaran: Proses pengakuan capaian belajar mahasiswa/profesional berdasarkan penyelesaian pembelajaran online terverifikasi.
- ICE Center: Platform utama untuk katalogisasi, pendaftaran, distribusi, dan sertifikasi pelatihan daring ITB.
- Materi Online: Modul, video, webinar, atau pelatihan daring yang dirilis atau dikurasi oleh Direktorat.
- Media Sosial Direktorat: Kanal digital resmi untuk penyebaran informasi, promosi, dan publikasi materi maupun capaian pembelajaran.
4. Peran Platform Digital
- icecenter.itb.ac.id:
- Sumber utama katalog materi, pendaftaran program, akses evaluasi, dan arsip rekognisi.
- Kanal YouTube Direktorat:
- Media penyimpanan, publikasi, dan referensi materi ajar berbentuk video pembelajaran, kuliah umum, dan dokumentasi event daring.
- Media Sosial Direktorat:
- Kanal promosi, pengumuman program/pelatihan, diseminasi capaian peserta, dan engagement komunitas pembelajar.
5. Prosedur Rekognisi Pembelajaran Online
Tahapan Utama
- Inventarisasi dan Kurasi Materi
- Tim kurikulum mengumpulkan, verifikasi, serta mengkurasi materi ajar yang telah tersedia di icecenter.itb.ac.id, YouTube Direktorat, dan promosi infonya di media sosial.
- Pendaftaran Peserta
- Calon peserta mendaftar pelatihan/program secara daring melalui icecenter.itb.ac.id, dengan info pendaftaran juga dipublikasikan melalui media sosial Direktorat.
- Pelaksanaan Pembelajaran
- Peserta mengakses materi ajar melalui icecenter.itb.ac.id, menyimak video pembelajaran di YouTube, serta mengikuti info/konten pengayaan dari media sosial.
- Evaluasi dan Uji Kompetensi
- Peserta mengerjakan tugas atau ujian (online assessment) yang ditetapkan, dengan mekanisme unggah tugas/evaluasi di icecenter.itb.ac.id.
- Rekognisi & Sertifikasi
- Hasil evaluasi diverifikasi. Peserta yang lolos memperoleh rekognisi berupa sertifikat digital atau pengakuan akademik, yang diumumkan di icecenter.itb.ac.id dan dapat juga dipublikasikan lewat media sosial.
- Pelaporan & Monitoring
- Data dan capaian rekognisi dipantau, didokumentasikan, serta dilaporkan secara berkala melalui dashboard ICE Center dan disosialisasikan ke komunitas melalui media sosial.
6. Tabel Rangkuman Proses Rekognisi
7. Catatan
- Setiap tahap harus didokumentasikan secara digital sesuai sistem penjaminan mutu ITB.
- Rekognisi hanya berlaku untuk program/materi ajar resmi Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB.
- Media sosial dipergunakan sebagai sarana engagement, promosi, dan sosialisasi, bukan sebagai tempat penyelenggaraan utama evaluasi atau rekognisi.
8. Penutup
SOP ini menjadi pedoman optimalisasi rekognisi pembelajaran online dengan sinergi platform icecenter.itb.ac.id, kanal YouTube, dan media sosial Direktorat Pendidikan Profesional Berkelanjutan ITB guna mewujudkan ekosistem pembelajaran terbuka dan berkelanjutan di lingkungan ITB.