0 (0 Ratings)

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

Last Updated:August 7, 2025

Tags

Course level:All Levels
Enrolled:1
Course Duration: 0
Free

Description

Latar belakang : Sebagai penyelenggara Pelatihan Pekerti dan AA berdasarkan Surat Penetapan Direktur Sumber Daya No. 0001/E4/DT.04.01/2024 Tanggal 01 Januari 2024 tentang Penetapan Hasil Evaluasi Penyelenggara PEKERTI dan AA.

Tujuan : Undang-undang No.14/2006 dan Peraturan Pemerintah No.19/2005 mensyaratkan bahwa dosen harus memiliki empat kompetensi utama, yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogis adalah kemampuan dosen dalam menyelenggarakan dan/atau mengelola pembelajaran sehingga memungkinkan kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien, kemampuan dosen dalam merancang pembelajaran, menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan pada peserta didik, serta mampu melakukan evaluasi dan penilaian, yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Pengembangan kompetensi dosen ini tidak hanya diperlukan oleh dosen muda melainkan juga bagi dosen-dosen senior yang telah lama mengajar, khususnya untuk menjawab dan mengantisipasi berbagai dinamika yang berkembang dalam dunia pendidikan, baik yang terkait dengan konten maupun metodologis. Oleh karenanya, pengembangan dan peningkatan kompetensi dosen harus diarahkan kepada semua dosen dengan arah dan konten pengembangan yang berbeda.

  1. Hasil luaran :
  2. Menerapkan prinsip-prinsip filsafat pendidikan dan dasar-dasar kurikulum untuk merencanakan perkuliahan;
  3. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan
  4. Menganalisis CPPS (Capaian Pembelajaran Program Studi) untuk menyusun CPM (Capaian Pembelajaran Matakuliah) yang baik dan relevan;
  5. Menguraikan dan membuat indikator pembelajaran pada setiap pertemuan untuk mencapai CPM sesuai kaidah kurikulum;
  6. Menerapkan prinsip-prinsip pengolahan bahan ajar dan strategi pembelajaran yang baik sesuai CPM;
  7. Menganalisis strategi perkuliahan dan bahan ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran matakuliah;
  8. Memberi pertimbangan terhadap strategi pembelajaran yang efektif;
  9. Mengolah bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah;
  10. Merancang strategi perkuliahan dan praktikum/proyek yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah;
  11. Menganalisis media dan strategi perkuliahan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran matakuliah;
  12. Memberi pertimbangan terhadap media pembelajaran yang efektif;
  13. Merancang pembelajaran daring yang sesuai dengan karakteristik matakuliah;
  14. Menganalisis indikator pembelajaran untuk penyusunan instrumen penilaian;
  15. Merancang dan membuat instrumen penilaian tes tertulis yang memenuhi kaidah asesmen pada real work situations;
  16. Merancang dan membuat instrumen penilaian non tes yang memenuhi kaidah asesmen pada real work situations;
  17. Menganalisis kesesuaian antara CPPS, CPM, materi pokok, pengalaman belajar, media, dan asesmen;
  18. Menilai dan memberi pertimbangan terhadap RPS sesuai prinsip-prinsip pedagogi dan bidang ilmu;
  19. Mencipta inovasi pembelajaran pada perencanaan dan proses perkuliahan.

Pengajar/Narasumber :

No. Nama Dosen
1 Prof.Dr. Ir. Ichsan Setya Putra
2 Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, M.T.
3 Prof. Dr. Delik Hudalah, S.T., M.T., M.Sc.
4 Ir. Alfend Rudyawan, S.T., M.Sc., M.T., Ph.D.
5 Dr. Ayi Tarya, S.Si., M.Si.
6 Dr. Harry Nuriman, M.Si.
7 Dr. Prima Roza, S.E., M.Ed.Admin.
8 Bagas Dwipantara Putra, S.T., M.T., Ph.D.
9 Dr. Sylviana Maya Damayanti, S.T., M.B.A.
10 Dr. apt. Saleh Wikarsa, S.Si., M.Si., DEA.
11 Prof. apt. Kusnandar Anggadiredja, S.Si., M.Si., Ph.D.
12 Dr. apt. Tomi Hendrayana, S.Si., M.Si.
13 Dr. Ir. Agung Wahyu Setiawan, M.T., I.P.M., ASEAN Eng.

What I will learn?

  • Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi Berbasis KKNI & 21 Century
  • ITB Berdampak Melalui Pengajaran
  • Inovasi Pembelajaran (Project Base Learning) di Perguruan Tinggi
  • Teori Motivasi Belajar
  • Penentuan Capaian Pembelajaran
  • Komunikasi Pendidikan dan Keterampilan Dasar Mengajar
  • Peningkatan Pendidikan Melalui Pekerti dan AA
  • Implementasi Softskill dalam Pembelajaran
  • Analisis Kompetensi
  • Pengembangan Pribadi Dosen
  • Desain Pembelajaran
  • Evaluasi Pembelajaran
  • Penyusunan RPS (mekanisme, prosedur pengembangan, peta konsep)
  • Media Pembelajaran
  • Micro Teaching
  • Pre Test dan Post test

Course Curriculum

absesnsi kehadiran
Masukan Nama lengkap

  • Presensi
  • Presensi

Target Audience

  • Dosen yang belum melaksanakan pelatihan PEKERTI

Requirements

  • Tanggal Mulai Pelaksanaan : 14 Juli 2025
  • Tanggal Berakhir Pelaksanaan : 18 Juli 2025

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
This course is full right now. We limit the number of students to create an optimized and productive group dynamic.
Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare

Sign In

or Log-in with


 
Sign In With Account

Forgot Password?
Don't have an account?  Register Now